/*Promo Ramadhan 2016 */ /* Promo Ramadhan 2016 */

AD (728x60)

Selasa, 13 Oktober 2015

Karang Gigi pada Anak

Share & Comment
Karang Gigi pada Anak - Karang gigi (kalkulus) merupakan kotoran yang menempel pada gigi dan tidak segera dibersihkan sehingga kotoran tersebut menjadi keras dan membatu. Jika hanya meggunakan sikat gigi biasa akan sangat sulit untuk dibersihkan. Jadi, sepertinya kita harus tahu penyebab, cara pencegahan dan cara membersikahkan karang gigi, khususnya untuk anak balita.



Penyebab munculnya karang gigi di usia dini

Munculnya karang gigi pada anak seringkali karena pola makan yang tidak sehat, yaitu kebiasaan mengkonsumsi makanan yang manis-manis dan kurangnya memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi. Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik akan menempel pada gigi yang menjadi kotoran gigi/plak. Plak sendiri bisa terbentuk akibat aktivitas bakteri yang mengubah sisa gula yang ada di atas permukaan gigi. Kalau plak tersebut dibiarkan menempel pada gigi, maka lama kelamaan akan mengeras dan membatu, dan itulah awal mula muncullah karang gigi. Karang gigi yang terletak di tepi gusi yang disebut supragingival, sedangkan yang berada di celah antara gigi dan gusi disebut subgingival. Pada umumnya karang gigi memiliki warna layaknya karang yakni, putih-kuning, bahkan ada yang kuning kehijauan. Karang gigi sangat sulit, oleh karena itu perlu ditangani dengan baik oleh dokter gigi.

Mencegah Karang Gigi Anak

Untuk menghindari penyebab munculnya karang gigi anak di antaranya adalah dengan membiasakan anak untuk menyikat giginya 2 kali sehari yaitu sesudah makan dan sebelum tidur, meningkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan, kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung, dan yang terpenting membiasakan anak memeriksakan giginya secara rutin ke dokter gigi.

Cara Membersihkan Karang Gigi Anak

Dokter gigi akan melakukan pembersihan karang gigi, scaling, menggunakan bantuan alat bernama scaler. Pembersihan tersebut bisa dilakukan secara manual, atau ultrasonic, namun harus dilakukan oleh dokter gigi dan tidak bisa dilakukan sendiri. Jika karang gigi anak tidak dibersihkan dan dibiarkan menumpuk, maka akan memicu gangguan kesehatan, seperti bau mulut, gigi rapuh, atau radang gusi.(Dokter Gigi Cempaka Putih)
Tags:

Written by Drg Dian Yunita

Alumnus FKG Universitas Indonesia (UI) yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang kesehatan gigi. Saat ini berpraktek di Klinik Drg Dian Yunita dan Aestique Clinic, Jl. Cempaka Baru XII no.1 RT.005 RW.07 Kemayoran Jakarta Pusat. HP : 0811-357-9191 BB : 25C-2C-68C Email : drgdianyunita@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Artikel Kesehatan Gigi Terpopuler

DRGCempakaPutih @Twitter

DRGCempakaPutih @ FB

Kenapa Dokter Gigi Cempaka Putih?

Kenapa Klinik Gigi Cempaka Putih?

* Dokter Gigi Berpengalaman Lebih dari 10 Tahun
* Layanan Perawatan Gigi Lengkap
* Biaya Layanan Terjangkau

Ikuti Dokter Gigi Cempaka Putih

Copyright © DokterGigi Cempaka Putih | Designed by Templateism.com | Published by Free blogger Templates
/* Promo Ramadhan 2016 */
×
Promo Ramadhan 2016
/* Promo Ramadhan 2016 */